Senin, 28 Oktober 2013


PISANG merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Pisang ada di hampir setiap negara dan sangat mudah mendapatkannya.

Di tangan Keisuke Yamada, seorang seniman asal Jepang, pisang bisa menjadi karya seni mengagumkan. Seniman otodidak ini mengukir pisang dengan berbagai bentuk. Tak banyak alat yang digunakannya, Yamada hanya memerlukan sendok dan tusuk gigi untuk menghasilkan karya seni yang unik.

Meskipun Yamada seperti melakukannya dengan sangat mudah, namun sesungguhnya mengukir pisang merupakan pekerjaan yang sangat sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Bukan karena dituntut mengerjakannya dengan teliti dan detil, tapi juga karena tekstur pisang yang rapuh serta warna daging yang cepat berubah menjadi kecoklatan jika terkena udara. Yamada berpacu dengan waktu karena hanya mempunyai waktu tak lebih dari 30 menit untuk mengukir pisang sesuai keinginannya.


Supaya karyanya bisa dinikmati banyak orang, Yamada selalu mengunggah foto-foto karyanya lewat situs seni Jepang, Pixiv. Melihat karya-karyanya yang unik, Anda pasti tak mengira kalau pemuda berusia 26 tahun ini sehari-harinya bekerja sebagai tukang listrik. Kegiatan memahat pisang dilakukannya pada malam hari, setelah pekerjaannya selesai.

"Inspirasi menggunakan pisang datang ketika saya mengupas kulit pisang dan tiba-tiba memiliki ide untuk mengukirnya. Karena saya pikir ini akan menarik," ujar Keisuke, sebagaimana dikutip pada Daily Mail.

Yamada pertama kali membuat ukiran pisang pada usia 23 tahun. Saat itu dia membuat wajah orang sedang tersenyum. Ketika diunduh ke internet, ternyata banyak yang suka. Ketika pangeran kerajaan Inggris, Pangeran William dan Kate Middleton menikah, Yamada membuat ukiran kedua mempelai.
Penasaran dengan karya Yamada, berikut beberapa foto ukiran pisang hasil karya pemuda Jepang tersebut. Menarik bukan?




0 komentar :

Posting Komentar